archives rss search

Behind the Book: Call Me Miss J

line

Orizuka: The Chronicles

Entry #13

April 21, 2013

Selamat siang, selamat hari Kartini!

Mari terus berkarya, perempuan Indonesia! ^ ^

Di entri ini aku mau berbagi tentang pembuatan buku keempatku Miss-J, yang akan diterbitkan ulang dengan judul baru Call Me Miss J.

Cover lama:

image

Cover baru:

image

Naskah Miss-J aku tulis tahun 2006 dengan judul awal Cewek-J. Bisa dibilang, naskah ini yang paling personal dari semua karya-karyaku, karena idenya datang dari kehidupan SMA-ku sendiri yang penuh warna *ahem*

Waktu SMA, I have this gang named PANCI. Kepanjangannya apa, hanya kami dan Tuhan yang tahu… (you don’t wanna know, believe me).

PANCI punya 8 member, 4 cewek 4 cowok. Kami berdelapan ini dekat banget, setiap minggu ada aja jadwal nongkrong, main PS, main di Timezone, atau ngobrolin Harry Potter di rumah salah satu dari kami. Di sekolah, kami juga lengket kayak perangko. Saat naik kelas tiga dan kelas kami terpisah-pisah, kami tetap ngumpul di waktu istirahat, being stupid together.

Kenangan-kenangan masa SMA yang berharga inilah yang membuatku ingin membuat Miss-J. Di naskah ini, aku membuat 4 tokoh cewek yang karakternya punya sedikit kemiripan dengan kami. Aku punya kemiripan dengan Lea, Sita mirip Vidi, Ayu mirip Alex, Yosi mirip Sabil. Empat cowok itu sempat protes kenapa nggak disertakan, I said maybe later ya guys (aaand it’s already been 7 years LOL) ^ ^;

Walaupun secara karakter ada kemiripan dengan dunia nyata, tapi adegan-adegan di novel ini hampir semuanya berasal dari khayalan, kok. Aku bukan ketua OSIS, cuma ketua Softball ^ ^;

Anyways, saat itu, aku masih sangat-sangat terpengaruh oleh Meg Cabot. Jadi, di naskah ini, aku pakai 1st person PoV khas Meg Cabot, sehingga gaya penulisannya masih mirip dengan buku-buku beliau.

Karena dulu aku suka banget dengan 1st person PoV (buku debutku juga pakai sudut pandang ini), aku sangat menikmati proses penulisannya. Bukannya aku nggak suka 3rd person PoV, keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi kalau harus memilih lebih enjoy menulis dengan sudut pandang yang mana, aku harus memilih 1st.

Kelemahan 1st? Aku di dalam naskah jadi mirip aku di dunia nyata ^ ^;

Di naskah ini, Lea jadi ‘aku banget’. Cara dia berpikir, cara dia bertindak, cara dia bicara, semua jadi khas aku saat SMA. 

Jadi, walaupun 1st person PoV sangat menyenangkan, aku masih harus banyak belajar soal sudut pandang ini supaya nggak semua karakter ‘aku’ jadi aku (if you know what I mean). In fact, aku masih harus banyak belajar soal banyak hal!

Back to the topic.

Tahun 2006, naskah ini diterbitkan dengan judul Miss-J oleh Penerbit Tanda Baca. Saat itu, penerbit ini seperti sedang buru-buru, jadi editing-nya nggak maksimal. Malah, ada beberapa kata yang di-replace all, sehingga jadi ada yang ngaco (seperti ‘Miss-J artinya Cewek Jerawat’ dsb).

Selain itu, kovernya pun dibuat terburu-buru sehingga nggak nyambung dengan naskahnya. I mean, who’s the hot girl?? 

Dengan segala keterbatasan itu (dan keluguanku saat itu), Miss-J pun terbit. Karena Tanda Baca ini penerbit baru, cetakan di awal hanya sedikit, itu pun tidak laku. Saat penerbit ini akhirnya kolaps, novel ini dilelang distributor tanpa sepengetahuanku.

Ini jelas mengecewakan, karena Miss-J ini adalah salah satu novel yang punya arti khusus buatku. Tapi, saat itu aku nggak bisa apa-apa.

Tahun 2012, aku dihubungi penerbit Noura Books. Awalnya, mereka request naskah baru, tapi karena saat itu aku tidak bisa, akhirnya aku menawarkan Miss-J dan Duhh… Susahnya Jatuh Cinta…! (ini bukan judul sinetron, ini judul pemberian Tanda Baca untuk novel ketigaku). 

Di tahun 2013, mereka setuju menerbitkan ulang Miss-J dengan judul baru Call Me Miss J. Yay~

Tentang terbitan baru ini, secara garis besar nggak ada yang berubah dari ceritanya. Lea masih sekolah di SMA Universal, masih berjerawat, masih ngebet berlebihan sama Dimas dan lain sebagainya. Tetapi, karena saat menulis Miss-J dulu setting-nya jadul, setelah bertapa sekian lama, akhirnya aku memutuskan untuk ‘meremajakan’ naskah ini supaya pembaca sekarang bisa relate.

Walaupun begitu, untuk The Truth about Forever—yang sama-sama akan diterbitkan ulang—aku tidak merubah setting-nya. Soal ini akan aku share di Behind the Book-nya nanti.

Keputusan ini aku ambil dengan pertimbangan, dulu belum banyak yang berkesempatan membaca Miss-J. Peraturan sekolah yang sekarang sudah berbeda (kelas satu jadi sepuluh, penjurusan jadi mulai kelas sebelas, dll) dan referensi film, aktor, atau aktris yang sudah nggak ‘in’ lagi juga menjadi pertimbangan.

Walaupun demikian, tidak semuanya diganti. Aku mempertahankan lagu ‘I Will Survive’ (versi Cake) karena itu lagu wajib Lea dan Raya ^ ^

Bagi para pembaca yang sudah pernah membaca Miss-J, mungkin akan merasa terganggu karena jadi ada dua setting cerita. Aku mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Yang sudah baca dan mau tetap stick dengan setting 2006 monggo, yang mau baca lagi dengan setting baru silakan. Either way, aku berterima kasih sangat-sangat banyak kepada kalian semua <3

Kalau ditanya perbedaan berarti antara Miss-J dengan Call Me Miss J selain setting, mungkin ada di sketsanya. Tim Noura Books berkreasi dengan menyelipkan beberapa sketsa lucu di dalamnya ^ ^

Call Me Miss J akan mulai tersebar di toko buku se-Indonesia awal Mei, genre-nya school comedy dan harga tokonya Rp. 56.000.

Yang mau pesan online, bisa ke toko buku online favorit kalian ya! Bisa di bukabuku, bukukita, pengenbuku dll.

Atau kalau yang mau pesan versi bertanda tangan dan diskon 15% selama bulan April 2013, bisa cek link berikut:

http://www.facebook.com/notes/orizuka-okke-rizka/order-the-truth-about-forever-call-me-miss-j-repackaged/10151324763902541

Thanks for reading ^ ^

Behind the Book: The Truth about Forever is coming soon!

current song: G.Na ft BTOB Ilhoon - Oops

5 notes

line
  1. erlier reblogged this from orizuka and added:
    aku pengen yah… belakangan ini ud kebanyakan PO tapi :((
  2. nourabooks reblogged this from orizuka and added:
    Pre-Order “Call Me Miss J” (Orizuka) sudah dibuka lho ;)
  3. orizuka posted this